Tuesday, June 28, 2011


Penulis: Agus Handoko, M.Phil
Judul : Bagaimana Saya Berjihad
Penerbit: Pustaka Pena Ilahi
Tahun : 2011


Pada saat usai peperangan besar, Rasulullah Saw. mengatakan bahwa setelah ini umat Islam akan menghadapi jihad yang lebih besar. Spontan para sahabat bertanya, gerangan apakah jihad yang lebih besar itu. Beliau mengatakan yaitu jihad melawan hawa nafsu.

Dari cerita diatas, pada hakikatnya Rasulullah Saw. ingin menceritakan bahwa jihad tidak dapat diartikan dengan pandangan sempit belaka. Ia tidak melulu berhubungan dengan peperangan. Tetapi ia dapat diartikan dengan makna luas sebagai bentuk perjuangan dan usaha keras melawan hawa nafsu. Sebuah penyakit keturunan yang selalu merasuk dan menggerogoti jiwa dan semangat umat manusia.

Jihad, pada saat ini dianggap sebagai salah satu konsep Islam yang paling sering disalahpahami oleh sebagian umat Islam pada khususnya, dan bagi kalangan Barat dan non-muslim pada umumnya. Mereka memandang jihad sebagai ajaran buruk yang harus dihindari, bahkan dihapuskan dari sisi Islam. Padahal jihad harus diakui merupakan bagian integral dari wacana Islam sejak masa-masa awal hingga kontemporer. Jihad adalah bagian Islam dan Islam mencangkup ruh-ruh jihad.

Diskursus tentang jihad sedikit demi sedikit telah mengalami pergeseran dan perubahan sesuai dengan konteks dan zaman saat ini. Sebagaimana dikatakan baginda Rasulullah Saw. akan ada jihad yang lebih besar dari peperangan, yaitu jihad melawan hawa nafsu.

Salah paham terhadap jihad bagi kalangan Islam militan atau phobia jihad bagi kalangan awam sudah seharusnya ditepis jauh-jauh. Dalam hal ini, saudara H. Agus Handoko, M.Phil yang notabene seorang akademisi, pemikir dan juga alumni S2 Internasional Islamic University (IIU) Islamabad Pakistan dalam bidang pengkajian ilmu tafsir, berupaya mengulas secara mendalam hakikat dari jihad ini. Jihad yang sering ditanggapi dengan bahasa kekerasan diurai oleh beliau dengan halus dan tidak dalam pengertian sempit.

No comments:

Post a Comment

DRAMA INDONESIA

Drama Indonesia Slideshow: Royun’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Bogor was created by TripAdvisor. See another Bogor slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.